PEKEMITAN DAN AGHI HOTRA SIWARATRI



PEKEMITAN DAN AGNI HOTRA SIWALATRI
Pada Hari Kamis tanggal 23 Januari 2020 bertepatan dengan Hari Raya Siwalatri, bidang Kerohanian KMHD menjalankan satu program Kerjanya yaitu “Persembahyangan Bersama” dan diiringi dengan kegiatan Agni Hotra yang bertempat di Pura Balekuwu wilayah Gunung Sari Pada pukul 16.00. di dalam rangkaian Agni Hotra minggu lagu, terdapat rangkaian acara dimana dilakukannya pemujaan kepada Deva Siva dan Deva Ganesha sebagaii symbol di hari raya sivalatri.


Pada pukul 16.30 semua Civitas Akademika Hindu Unram beserta kakak kakak alumni  berkumpul di Jaba pura Balekuwu yang akan bersiap siap untuk melakukan Persembahyangan. Sebelum memulai persembahyangan, acara pertama dibuka oleh MC dengan menampilkan Tari Pendet yang dipersembahkan oleh Bidang Kreativitas dan Kegemaran anggota Seni Tari . Acara kedua yakni Sambutan dari Ketua KMHD 2020 atas nama Krisna Ananda beserta Pembina UKM KMHD UNRAM, acara ketiga yakni persembahyangan. Setelah persembahyangan selesai, seluruh peserta istirahat dan panitia upacara mempersiapkan acara selanjutnya yakni  Agni Hotra  yang dipimpin oleh seorang Hotri . Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta. Upacara agni hotra diawali dengan penyucian patung Ganesha dan dilanjutkan dengan pemujaan  terhadap-Nya dan bebagai persembahan seperti Banten Bayuan, daun bile dan berbagai macam biji bijian dan diiringi dengan Lantunan mantram puja, kegiatan ini berjalan dengan baik serta menarik bagi peserta sehingga tidak membuat mereka  merasa bosan, setelah kegiatan Agni Hotra selesai selanjutnya Hotri memberikan sedikit Dharma Wacana mengenai makna Perayaan Hari raya sivalatri. Acara ini berakhir pada pukul 23.00  dan dilanjutkan dengan istirahat.
Pada pukul 24.00 semua peserta melaksanakan persembahyangan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara santai yaitu hiburan yang dimana kita membawakan beberapa games dan keseruan lainnya selama pekemitan berjalan
            Pada pukul 05.30 semua peserta menaiki bukit yang berada di depan pura yang dimana mereka menikmati Sunrise yang indah. Setelah itu semua peserta kembali kedalam Pura dan bersiap siap untuk melaksanakan persembahyangan dan dilanjutkan dengan membersihkan area disekitar Pura  sebelum meninggalkan lokasi pekemitan . Tepat pada pukul 07.00 semua peserta mulai meninggalkan lokasi dan pulang kerumah masing- masing.
Previous
Next Post »
0 Komentar