Selamat Hari Raya Saraswati


Hari Raya Saraswati adalah merupakan salah satu hari yang penting bagi umat hindu khususnya bagi masyarakat yang berada pada masa pendidikan. Karena umat Hindu mempercayai hari Saraswati sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan meningkatkan keberadaban umat manusia. Hari Raya Saraswati diperingati setiap 210 hari sekali, tepatnya pada hari Saniscara Umanis wuku Watugunung.
Dalam legenda digambarkan bahwa Saraswati adalah Dewi/ lstri Brahma. Saraswati adalah Dewi pelindung/ pelimpah pengetahuan, kesadaran (widya) dan sastra. Berkat anugerah dewi Saraswati, kita menjadi manusia yang beradab dan berkebudayaan.
Beliau disimbolkan sebagai seorang dewi yang duduk diatas teratai dengan berwahanakan se-ekor angsa (Hamsa) atau seekor merak, berlengan empat dengan membawa sitar/veena dan ganatri di kedua tangan kanan, tangan kiri membawa pustaka/kitab dan tangan kiri satunya ikut memainkan gitar membawa sitar/veena dan ganatri di kedua tangan kanan, tangan kin membawa pustaka/kitab dan tangan kiri satunya ikut memainkan veena atau bermudra memberkahi.

Segenap pengurus UKMU KMHD Universitas Mataram Masa Bhakti 2017/2018 mengucapkan :
Selamat Hari Raya Saraswati, 21 Januari 2017
Satya Dharma !! Satya
Previous
Next Post »
0 Komentar