Memperingati HUT ke-26 UKMU KMHD Adakan Berbagai Macam Kegiatan


Mataram (14/03/17)- Dalam rangka merayakan hari jadi Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Mataram(UKM KMHD Unram) yang ke-26, pihaknya mengadakan acara diikuti seluruh anggota maupun alumni KMHD Unram. Acara ini dibagi menjadi acara Skala(acara pembuka) yang diadakan pada tanggal14 mei 2017 dan juga acara Niskala(acara penutupan) yang diadakan pada tanggal 10 juni 2017. Pada acara Skala diadakan berbagai macam lomba antara lain lomba desain logo, lomba utsawa dharma gita, serta lomba olahraga. Bertempat di gedung Arena Budaya Unram acara Skala awalnya dibuka dengan sambutan ketua Panitia serta  Pembina dari KMHD sendiri yang membuka acara Skala tersebut.
Acara selanjutnya yaitu dimulainya lomba Utsawa Dharma Gita yang terdiri dari 3 jenis lomba, lomba Sloka, lomba Dharma Wacana, dan lomba KIdung grup. Lomba yang diadakan bertujuan untuk mengasah kemampuan anggota KMHD dalam pengetahuan agama dan membentuk sikap toleransi menurut kitab suci Veda. Selain lomba Utsawa Dharma Gita, diadakan juga berbagai macam lomba olahraga untuk memeriahkan hari jadi yang ke 26 ini. Ada 2 macam lomba yang diadakan yaitu lomba futsal dan lomba bulu tangkis. Lomba futsal bertempat di Asri Futsal sedangkan lomba bulu tangkis bertempat di Gor Bintang.  Acara utama pada acara Skala ini adalah saat acara temu kangen dengan para alumni KMHD, alumni diundang mulai dari angkatan 1991 s/d 2016. 
Pada acara Temu Kangen ini diawali dengan berbincang-bincang mengenai mula-mula pembentukan KMHD sendiri, selain itu juga alumni dan mahasiswa hindu saling berbagi informasi dan pengalaman agar kedepannya semakin baik. Setelah itu para tamu undangan disuguhkan dengan penampilan Genjek Punk Lege dari mahasiswa Hindu Unram, dan juga band akustik dari mahasiswa hindu lain. Acara semakin meriah saat dimana pemotongan tumpeng yang telah disiapkan panitia untuk memperingati hari jadi UKM KMHD Unram yang di potong oleh ketua panitia bersama dengan alumni dan pembina KMHD sendiri.
Acara Niskala bertempat di Pura Gunung Agung, kegiatan utama pada cara penutupan ini yaitu persembahyangan serta pekemitan bersama yang diikuti oleh seluruh anggota maupun alumni KMHD. Sebelum dimulainya acara persembahyangan tersebut, disuguhkan tarian puspanjali oleh beberapa mahasiswi anggota KMHD. Setelah melaksanakan persembahayangan bersama, para anggota melakukan makan bersama diareal luar pura(Bale). Pada saat itu juga pihak panitia mengungumkan para pemenang dari lomba Utsawa Dharma Gita serta penyerahan hadiah untuk semua pemenang dari berbagai macam lomba yang telah dilaksanakan pada acara Skala.

Untuk menghabiskan waktu sebelum melaksanakan persembahyangan malam, mahasiswa dihibur dengan beberapa film yang diputar oleh pihak panitia. Selain itu tak banyak juga mahasiswa yang asik bercengkrama dan berbagi pengalaman satu sama lain. Serta diadakan permainan-permainan untuk menghabiskan waktu pada malam itu. Di pagi hari setelah melaksanakan persembahyangan bersama, acara niskala ditutup oleh ketua panitia dan juga mengakhiri acara HUT  KMHD yang ke-26 tahun 2017.
Previous
Next Post »
0 Komentar